SMART GOVERNANCE DALAM INOVASI “LAMAR AKU” DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALU

Penulis

  • al kahfi a:1:{s:5:"en_US";s:5:"UNTAD";}
  • Muhammad Arief ,
  • Rusmawaty Bte Rusdin ,

Abstrak

Pendahuluan: Kota Palu masih menghadapi kendala dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan, terutama pada kinerja aparatur dan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Smart Governance oleh Disdukcapil Kota Palu melalui inovasi layanan LAMAR AKU dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang profesional dan responsif.

Metode: Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif dengan dasar penelitian deskriptif, adapun informan yaitu 7 informan.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan inovasi LAMAR AKU belum berjalan optimal karena berbagai kendala, seperti ketidakhadiran calon pengantin saat pendaftaran, belum adanya perubahan data kependudukan, dan pernikahan tidak tercatat. Hal ini menghambat tujuan Smart Governance oleh Disdukcapil Kota Palu.

Kesimpulan: Penelitian ini berkontribusi dengan menyoroti aspek Tujuan Kemasyarakatan dalam Smart Governance yang belum banyak dibahas pada penelitian sebelumnya. Fokus pada kendala sosial dalam pelayanan inovasi LAMAR AKU oleh Disdukcapil Kota Palu memberikan perspektif baru dalam implementasi Smart Governance di bidang pelayanan administrasi kependudukan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-03

Cara Mengutip

SMART GOVERNANCE DALAM INOVASI “LAMAR AKU” DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALU. (2025). Jurnal Studi Inovasi Pemerintahan, 1(03), 95-112. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jsip/article/view/2177

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama