Digitalisasi Pelayanan Administrasi di Desa Kayu Agung Kabupaten Parigi Moutong

Penulis

  • Mersyana Mersy a:1:{s:5:"en_US";s:5:"UNTAD";}

Kata Kunci:

Digitalisas, Kerumitan Kompatibilitas, Pelayanan Administrasi

Abstrak

Introduction: Kurangnya Sumber daya Manusia dan Keterbatasan akses internet berdampak pada pelayanan administrasi Pemerintah Desa Kayu Agung. Maka dariitu, tujuan penelitian ini untuk   mengetahui bagaimana  pelayanan  administrasi  berbasis  internet  di desa  Kayu Agung Kabupaten  Parigi Moutong.  Konsep  yang digunakan adalah karakteristik digitalisasi dari Evert M. Rogers terdiri dari aspek Keunggulan Relatif, Kompatibilitas, Kerumitan, Kemampuan diuji coba dan Kemmpuan untuk di amati.

Methods: penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada Pemerintah Desa, Kader Digital, dan Masyarakat Desa Kayu Agung dan Dokumen-Dokumen seperti arsip, profil, dan laporan-laporan yang berhubungan dengan topik penelitian ini.

Result: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan relatif sudah bejalan dengan baik sedangkan  kompatibilitas, kerumitan, kemampuan di uji coba dan kemampuan untuk di amati belum berjalan dengan baik.

Conclusion:  Penelitian ini dapat berkontribusi pada literatur yang berhubungan dengan pelayanan pemerintah kepada masyarakat khususnya yang berhubungan dengan digitalisasi pemerintah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-26

Cara Mengutip

Digitalisasi Pelayanan Administrasi di Desa Kayu Agung Kabupaten Parigi Moutong. (2025). Jurnal Studi Inovasi Pemerintahan, 1(02), 106-119. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jsip/article/view/1842