Kinerja Pegawai Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik Melalui Aplikasi LPSE UPPBJ Universitas Tadulako
plugins.themes.academic_pro.article.main693a3d5dc29a6
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kinerja Pegawai dalam Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik Melalui Aplikasi LPSE UPPBJ Universitas Tadulako dan Untuk mengetahui tingkat efektivitas pengadaan barang dan jasa secara elektronik melalui aplikasi LPSE UPPBJ Universitas Tadulako. Dasar penelitian ini adalah survei dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Unit Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa (UPPBJ).. Penelitian ini menggunakan informan teknik penarikan purposive sampling dengan menetapkan informan sebanyak 5 orang.terdiri dari Ketua,Sekretaris dan 3 Staf Universitas Tadulako. Teknik pengumpulan data dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pendekatan deskriptif kualitatif, yang berdasar pada indikator kinerja pegawai terdiri dari aspek produktivitas, kualitas pelayan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada produktivitas, kualitas pelayan, Responsivitas Responsibilitas, Akuntabilitas pada dasarnya sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal karena masih menghadapi kendala dan hambatan. Faktor penghambat kurangnya partisipasi aktif daerah yang masih susah untuk akses internet, pengumuman yang tidak tepat waktu merasa dicurangi,ketidakteraturan atau kurangnya kontrol dalam proses LPSE memungkinkan terjadinya manipulasi, penyedia dari daerah lain masih merasa Ketidaksetaraan akses ke LPSE, terutama bagi daerah yang tidak memiliki infrastruktur teknologi yang memadai, informasi masih kurang lengkap dan jelas, sehingga harus di arahkan secara antarmuka dalam proses pengadaan lewat aplikasi, file yang tidak kompatibel dengan perangkat penyedia.