Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sekolah Dasar Inpres Lelejae Kecamatan Bulu Taba Kabupaten Pasangkayu

Penulis

Kata Kunci:

Implementasi Kebijakan, Dana BOS, Sekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Dasar Inpres Lelejae dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif tipe Deskriftif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan berjumlah tujuh orang dengan teknik analisa data Miles Huberman dan Saklara. Penelitian ini menggunakan teori Goerd Edward III dengan empat indikator yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) telah berjalan dengan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari teori George C. Edward III dengan Aspek (1) Komunikasi yang dibangun Kepala Sekolah sudah baik dan jelas terkait informasi dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Inpres Lelejae, (2) Sumber Daya yang ada di SD Inpres Lelejae sudah tersedia dan dapat mengelola dana Bantuan Operasional Sekolah dengan baik sesuai dengan prosedur yang berlaku, walaupun fasilitas di sekolah belum diperbaiki semua melalui dana BOS, (3) Disposisi berjalan dengan baik dilihat dari kerjasama antara Kepala Sekolah, guru dan tim pengelola dana Bantuan Operasional Sekolah sudah baik, (4) Struktur birokrasi berjalan dengan baik terbukti dengan komitmen dalam menciptakan kerjasama yang sesuai dengan petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Diterbitkan

2025-08-08

Cara Mengutip

Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sekolah Dasar Inpres Lelejae Kecamatan Bulu Taba Kabupaten Pasangkayu. (2025). JPS: Journal of Publicness Studies, 2(3), 81-88. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jps/article/view/2218