Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kasimbar Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong

Penulis

  • Jefi Puspita Sari a:1:{s:5:"en_US";s:20:"Universitas Tadulako";}
  • Nasrullah Universitas Tadulako image/svg+xml
  • Rachmad Universitas Tadulako image/svg+xml

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kualitas, Produktivitas, Semangat Kerja, Kemampuan Adaptasi

Abstrak

Penulis memilih untuk meneliti efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasimbar, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasimbar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana pemilihan informan dilakukan secara purposive. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah enam orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Richard M. Steers (2020) yang mencakup empat aspek: kualitas, produktivitas, semangat kerja, dan kemampuan adaptasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kasimbar sudah baik, meskipun masih perlu perbaikan lebih lanjut. Aspek kualitas sudah cukup baik, namun perlu peningkatan pada sarana dan prasarana. Aspek produktivitas juga sudah baik, yang terlihat dari kedisiplinan petugas yang selalu siap melayani. Semangat kerja petugas pun sudah baik meskipun insentif diberikan berdasarkan golongan, hal ini tidak mengurangi semangat mereka. Sedangkan dalam aspek kemampuan adaptasi, petugas sudah menunjukkan keterampilan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kasimbar Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. (2025). JPS: Journal of Publicness Studies, 2(2), 131-138. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jps/article/view/1956