KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI UMUM DI KANTOR KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU
Kata Kunci:
Administrasi, Kualitas Pelayanan, Keadilan, KetepatanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan administrasi di Kantor Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Dasar penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah informan 5 orang. Tehnik pengumpulan data melalui informan yang disertai observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini Ndraha (1999:63) mengunakan 4 dimensi meliputi aspek kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian, pelayanan administrasi di kator kecamatan palu timur kota palu secara keseluruhan hasil dari masing-masing dimensi penelitian berdasarkan teori sudah dikategorikan cukup baik. Namun ada dua aspek yang sudah baik, yakni dimensi ketepatan dan dimensi keadilan, ada pun aspek yang belum baik yakni dimensi kecepatan dan dimensi kemudahan. Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran para pegawai masih kurang sehingga dilihat dari misalnya sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya mendukung dan juga karena masih kurangnya perhatian pegawai untuk memudahkan pengambilan persyaratan berkas dalam pengurusan. Oleh karena itu, pelayanan administrasi belum terlalu efektif karena beum maksimal semua dimensi tersebut dijalankan oleh para elemen yang bertanggung jawab dalam pelayanan administrasi di kantor Kecamatan Palu Timur Kota Palu.