Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Palu dalam penanganan pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan mengacu pada teori efektivitas yang dikemukakan oleh Richard M. Steers dengan indikator pencapain tujuan, integrasi, dan adaptasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dengan jenis data primer dan sekunder. Dengan  informan yang berjumlah tujuh orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika melihat tingkat keefektifitasannya, kebijakan yang dibuat sudah cukup efektif. Karena dengan diberlakukanya kebijakan–kebijakan tersebut bisa menekan korban jiwa akibat virus corona. Meskipun  dalam langkah sosialisasinya pemerintah belum bisa beinteraksi dengan baik. Mengenai penyesuaian pada masa pandemi, pemerintah dan masyarakat telah menerapkan protokol kesehatan. Namun ada sebagian masyarakat yang masih lalai dalam mengikuti protokol kesehatan tersebut.


 


This study aims to determine the policies carried out by the Palu City government in handling the Covid-19 pandemic. This study used qualitative research methods. With reference to the theory of effectiveness put forward by Richard M. Steers with indicators of goal achievement, integration, and adaptation. Data collection used in this research is observation, interview, and documentation. With primary and secondary data types. With seven informants. The results show that if you look at the level of effectiveness, the policies made are quite effective. Because with the implementation of these policies can reduce the death toll due to the corona virus. Even though in its socialization steps, the government has not been able to interact well. Regarding adjustment during a pandemic, the government and society have implemented health protocols. However, there are some people who are still negligent in following these health protocols.


 

Keywords

efektifitas kebijakan; penanganan pandemi covid-19; policy effectiveness; handling the covid pandemic 19;

Article Details

How to Cite
Susanti, A., Suasa , S., & Panason, A. A. (2021). Efektivitas Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 (Studi : Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Palu). Journal of Public Administration and Government, 3(1), 9-14. https://doi.org/10.22487/jpag.v3i1.135