Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pendistribusian logistik Pemilu pada Tahun 2024 di Kabupaten Morowali. Dalam penulisannya penulis menggunakan teori David Ritonga mengenai tahapan strategi. Dasar penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan dan menjelaskan secara jelas tentang strategi pendistribusian logistik pemilu pada tahun 2024 di Kabupaten Morowali. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian tentang bagaimana strategi pendistribusian logistik pemilu tahun 2024 di Kabupaten Morowali menunjukkan bahwa strategi yang digunakan KPU Kabupaten Morowali dalam melakukan pendistribusian logistik yaitu melakukan rapat koordinasi antara sesama anggota KPU untuk melakukan pemetaan wilayah distribusi, dan juga analisis kebutuhan logistik agar pelaksanaan pendistribusian logistik terlaksana secara efektif dan efisien. Faktor cuaca yang menjadi hambatan pihak KPU Kabupaten Morowali dalam melakukan pendistribusian logistik pemilu ke wilayah-wilayah kepulauan sehingga menyebabkan pelaksanaan pendistribusian logistik terlambat.


Kata Kunci : Distribusi, Logistik, dan Pemilu

Keywords

Distribusi, Logistik, dan Pemilu

Article Details

References

  1. Aditama, Tjandra Y. 2003. ‘Fixed Dose Combination for TB Treatment’. Medical Journal of Indonesia 12(2):114–19.
  2. Amlia, Deka, Neri Susanti, and Nia Indria Sari. 2021. ‘The Influence of Organizational Culture and Locus of Control on Employees Performance at Agriculture Department of South Bengkulu’. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan 2(4):407–14.
  3. Bogdan, R. C., Biklen, S. K., 1992, Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn & Bacon.
  4. Bowersox, Donald J. 2013. Logistical Excellence: It’s Not Business as Usual. Elsevier.
  5. Eduard, Sisilia Andriana Oliveti, Muhammad T. Arifin, and Amir Djonu. 2023. ‘ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DEPOT AIR YERIKHO MINUM DI JENDRAL SUDIRMAN KELURAHAN WAIOTI’. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA 5(01):1–3.
  6. Fandy, Tjiptono. 2015. ‘Strategi Pemasaran Edisi-4, Yogyakarta: Cv’. Andi Offset.
  7. Fawcett, Stanley E., Lisa M. Ellram, and Jeffrey A. Ogden. 2007. Supply Chain Management: From Vision to Implementation. Pearson Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.
  8. Fitriani, Iis Dewi, Wandy Zulkarnaen, Budi Sadarman, and Nina Yuningsih. 2020. ‘Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018’. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 4(2):244–64.
  9. Hady, Rosli. 2020. ‘Implementasi Eclectic Method (Metode Eklektik) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts. Nw Korleko’. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1(4):46–53.
  10. Hasbiansyah, OJMJK. 2008. ‘Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial Dan Komunikasi’. Mediator: Jurnal Komunikasi 9(1):163–80.
  11. Karatem, Caken Zadrak. 2022. ‘Tata Kelola Pemilu Di Daerah Kepulauan (Studi Kasus Pemilu Serentak 2019 Di Kabupaten Kepulauan Aru)’. Journal of Indonesian Rural and Regional Government 6(2):199–218.
  12. Manik, Ruth Valentina. 2022. Analisis Kajian Stilistika Pada Novel Harap Wujud Rindu Yang Selalu Menyapa Karya Elda Rina’.
  13. Mariska, Rika, Heri Kusmanto, and Fadli Fadli. 2021. ‘Analisis Distribusi Logistik Pada Pemilu 2019 Di Kota Medan’. PERSPEKTIF 10(1):110–19.
  14. Munarika, Nia. 2018. ‘Strategi Dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Penabung Dengan Akad Wadi’ah Di Kantor Pusat Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Pahlawan Tulungagung’.
  15. Nabella, Septa Diana, Aris Munandar, and Rona Tanjung. 2022. ‘Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Tambangan Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia’. Measurement Jurnal Akuntansi 16(1):97–102.
  16. Poluan, Firna M. A., Silvya Mandey, and Imelda W. J. Ogi. 2019. ‘Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant ALVERO)’. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(3).
  17. Priharto Sugi. (2020). Manajemen Strategis: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya Dalam Bisnis. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertianmanajemen-strategis/
  18. Ritonga, Zuriani. 2020. Buku Ajar Manajemen Strategi
  19. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
  20. Undang-Undang 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu
  21. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR,DPD,dan DPRD.