Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako

Penulis

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, MBKM

Abstrak

Program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi mereka selama beberapa semester. Namun, pelaksanaan program tersebut masih terhambat oleh adanya mahasiswa yang kesulitan mengakses website, menjalin komunikasi antar dosen pembina dan pihak pengelola, kebingunan tata cara mendaftar dan belum memahami manfaat dari program MBKM, lambatnya respon dalam mengkonversi nilai matakuliah, dan kurangnya perhatian dalam proses pelayanan program MBKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa peserta program MBKM di FISIP UNTAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teori kualitas pelayanan dari Zeithalm (1990) yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling, dan penentuan sampel menggunakan proposional random sampling, dan berjumlah 85 responden (mahasiswa FISIP UNTAD). Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa peserta MBKM FISIP UNTAD. Hal ini dibuktikan dari uji secara simultan nilai F hitung ≥ F table yaitu 72.338 ≥ 3.11 dan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti kualitas pelayanan akademik berpengaruh secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Nilai koefisien determinasi (kd) sebesar 46,6% menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa peserta program medeka belajar kampus merdeka, dengan 53,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak di diteliti dalam penelitian ini.

Diterbitkan

2025-08-08

Cara Mengutip

Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. (2025). JPS: Journal of Publicness Studies, 2(3), 61-72. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jps/article/view/2215