Manajemen Electronic Government Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.5281/jps.v2i2.1986

Kata Kunci:

Manajemen, Electonic Government, Administrasi Kependudukan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen e-government dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan empat prinsip manajemen menurut George R. Terry, dengan 4 (empat) aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat kemajuan dalam perencanaan strategis dalam pemisahan sistem pelayanan manual dan berbasis elektronik, pelaksanaan e-government masih menghadapi kendala, seperti belum adanya struktur formal organisasi, pembagian tugas yang belum jelas, masalah teknis, kurangnya panduan bagi pengguna, serta minimnya pelatihan bagi sumber daya manusia. Pengawasan sudah dilakukan melalui pemantauan, survei kepuasan, dan pengaduan online, namun masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, perbaikan pada aspek pengorganisasian dan pelaksanaan sangat diperlukan agar manfaat layanan e-government dapat dirasakan secara optimal oleh masyarakat.

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Manajemen Electronic Government Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu. (2025). JPS: Journal of Publicness Studies, 2(2), 209-216. https://doi.org/10.5281/jps.v2i2.1986