Penerapan Etika Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Birokrasi Pemerintah Daerah

Penulis

Kata Kunci:

Etika, Pelayanan Publik, Birokrasi, Kualitas Pelayanan, Pemerintah Daerah

Abstrak

Etika pelayanan publik menjadi aspek fundamental dalam membentuk citra birokrasi pemerintah daerah yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan etika pelayanan publik dapat memengaruhi kualitas pelayanan di lingkungan birokrasi pemerintah daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa instansi pemerintahan daerah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika pelayanan publik yang meliputi kejujuran, tanggung jawab, transparansi, dan kepedulian terhadap masyarakat, memiliki korelasi positif terhadap meningkatnya kepuasan masyarakat serta efisiensi pelayanan. Ditemukan pula bahwa kelemahan penerapan etika disebabkan oleh lemahnya pengawasan, rendahnya pemahaman nilai-nilai etika oleh aparatur, dan minimnya pelatihan etika profesional. Penelitian ini merekomendasikan perlunya internalisasi nilai-nilai etika secara sistemik serta penguatan budaya organisasi berbasis integritas sebagai strategi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Diterbitkan

2025-05-26

Cara Mengutip

Penerapan Etika Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Birokrasi Pemerintah Daerah. (2025). JPS: Journal of Publicness Studies, 2(2), 147-154. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/jps/article/view/1959