KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Kata Kunci:
Bukti fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, EmpatiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Bagaimana Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Lokasi penelitian ini bertepatan di kantor kelurahan tondo kecamatan mantikulore kota palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori zeithaml dalam hardiansyah (2011:42) yang terdiri dari 5 aspek yang digunakan dalam mengukur kualitas pelayanan, kelima aspek tersebut yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan kelurahan tondo kecamatan mantikulore kota palu masih belum maksimal. Karena terdapat 2 (dua) aspek yang menghambat keberhasilan kualitas pelayanan yang ada di kelurahan tondo yaitu aspek Tangible yang masih kurang memadai terkait minimnya ruang kerja pegawai, komputer, print dan kursi tunggu, Dan aspek Assurance dinilai juga belum maksimal karena pegawai tidak memberikan jaminan jangka waktu penyelesaian tepat waktu dikarenakan sering terjadi kendala saat melakukan proses pelayanan kepada masyarakat seperti yang bertanda tangan tidak berada dikantor atau komputer yang tidak bisa digunakan. Sedangkan 3 (tiga) aspek lainnya yaitu Reliability, Responsiveness dan Emphaty sudah berjalan dengan baik.