Sistem Pelayanan Pembentukan Koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar

Authors

  • Risma Niswaty Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar
  • Nuralim Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Nasrullah Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar
  • Haedar Akib Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar
  • Rudi Salam Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22487/jpag.v2i1.35

Keywords:

pelayanan, pembentukan koperasi, prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan pembentukan koperasi yang diterapkan di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar dan kendala apa yang dihadapi dalam memberikan pelayanan pembentukan koperasi.  Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menetapkan 5 (lima) orang informan. Jenis penelitian dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Data yang diperoleh nantinya akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembentukan koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar dengan memperhatikan penyampaian persyaratan kepada masyarakat secara baik, penggunaan sistem, mekanisme dan prosedur pembentukan yang dinilai cukup baik, jangka waktu pelayanan pembentukan yang telah dinilai secara baik, tidak terdapat biaya yang dibebankan dalam proses pelayanan yang dapat dikategorikan baik, produk/ atau hasil dari pelayanan yang sudah baik karena telah mampu memberikan perlindungan hukum, dan tidak tersedianya unit pelayanan pengaduan, saran dan masukan yang dinilai sudah tidak baik.  Jadi berdasarkan ketercapaian diatas, maka dapat dikatakan bahwa sistem pembentukan koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar berjalan cukup baik.

Downloads

Published

2020-04-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sistem Pelayanan Pembentukan Koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar. (2020). Journal of Public Administration and Government, 2(1), 14-18. https://doi.org/10.22487/jpag.v2i1.35